Broken Home, broke your life too

Aku pernah ngerasain broken home belasan tahun. Sumpah gaenak.
Jadi berasa sosial media tempat tumpah ruahnya hati dari dulu. Wkwk.
Jaman dulu jaman SD SMP belum taat sholat jadi apa2 curhat ke sosmed.
Masih kebawa dikit sampe sekarang kayak gini nih.

 Aku cerita ya.

Sekali lagi broken home itu ga enak. Aku pernah ngerasain belasan tahun.
Nyokap jadi single parent dan aku kayak punya kehidupan yg asing. Bahagia sih bahagia punya teman, punya keluarga.
Tapi tetap aja berasa ada yang kurang.
Kalo nyokap pergi kerja, aku selalu berasa rindu nyokap pulang.
Pdhl cuma dari pagi sampe sore. Aku selalu nunggu nyokap sambil mainan sama temen. Hati tetep berharap nyokap cepet pulang, mainan ga terlalu. Intinya mau cepet nyokap balik aja. Meluk. Terus ceritain keseharian ke nyokap.

Masih SD kelas 2, nyokap merantau. Aku jadi bingung mau cerita bener2 ke siapa. Aku jadi tertutup dan memendam semuanya.
Sekarang aku jadi kadang pendiam. Apa2 yang mau aku utarain sebelumnya ke orang lain, jadi blank kalo sudah ketemu. Itu bawaan dari kecil ga bisa cerita2 lagi sama nyokap. Curhat2 sama nyokap.
Kata dosen psikolog ku juga gitu. Anak yang broken home dari kecil memang pendiam karena susah mengekspresikan sesuatu dari kecil. Bingung mau cerita2 ke siapa karena berasa kurang kasih sayang jadinya dipendam.

Itulah makanya broken home asli ga enak. Jadi jangan pacaran lama2 terus nikah. Karena pacaran lama bikin 'tau semuanya' terus kalo udah nikah mau tau apa lagi? Itu yang memicu perceraian. Dari pengalaman, sekarang aku bener2 gak suka yg namanya cerai. Temen sendiri kalo mau cerai aku tahan2. Baru nikah bentar kok cerai. Padahal kan itu resiko menikah. Memang susah memahami satu sama lain. Jangankan suami, orang yang kita kenal sepanjang hidup seperti orangtua dan keluarga aja masih sering kita susah memahami.


Jadi jangan cerai lah ya. Kasian anak-anak. Kasian mentalnya. Atau kalau gak yakin nikah, jangan dulu.  Kalau gak berani komitmen, jangan coba-coba nikah. Nikah itu seriusan, bukan mainan.

Komentar